Kamis, 02 September 2010

Ayam Soun Masak Kecap

Ncl,2 Sept 2010
Tadi malam BukBer di rumah teman dan pulangnya udah kemaleman, sementara lauk untuk sahur belum ada. Bingung juga mau masak apa, secara ini mata juga udah ngantuk berat,akhirnya bongkar-bongkar buku resep ketemu deh ini, Ayam Soun Masak Kecap.

Resep ini juga gampang,bahan dasar tidak mahal,mudah didapat,dan rasanya....hmmm....boljug dahh..
Silahkan mencoba ^.^

AYAM SOUN MASAK KECAP

Sumber : Widya Rahayu (Menu Lengkap dan Praktis untuk 30 Hari)

BAHAN

300 gram ayam, potong 6 bagian (saya pakai 1/2       wholechicken yg dipotong small piece)
70   gram soun, rendam air hingga lunak, tiriskan
300 ml air (saya pakai 200ml)
2 sdm minyak untuk menumis (kira kira)
BUMBU

5 btr b.merah, iris tipis
3 siung b.putih,cincang halus
5 buah cabai hijau,iris serong (sesuaika dgn selera)
1 bh tomat,potong-potong (saya pakai 1/2 tomat besar)
2 cm jahe,memarkan
3 sdm kecap manis ( saya pakai 4 sdm)
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt garam (sesuaikan selera)

CARA MEMBUAT

1. Panaskan minyak , tumis b.merah,b.putih sampai harum. Masukkan cabai,tomat dan jahe,aduk hingga layu.
2. Masukkan ayam, aduk-aduk hingga berubah warna.
   Tambahkan sisa bumbu, aduk hingga rata.
3. Tuangkan air,ungkep hingga ayam matang. Usahakan masih ada sisa kuahnya (kalau saya suka kering ).
4. Masukkan soun,aduk hingga rata,masak sebentar. Angkat.

Tips :  Kalau yang mau warna masakannya lebih berwarna gelap, maka lebihkan kecap manisnya ^.^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar